UNSUR-UNSUR PROPOSAL

Posted on

Berikut Ini Merupakan Unsur-Unsur Proposal Kegiatan

1. Latar belakang masalah, Dikemukakan adanya kesenjangan pada harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoretik ataupun kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang diteliti. Selain itu, dipaparkan secara ringkas berkenaan teori, hasil-hasil penelitian, analisis seminar, dan diskusi ilmiah maupun pengalaman pribadi yang berkaitan erat dengan pokok masalah yang diteliti. Dengan demikian, masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.

2. Rumusan masalah, Rumusan masalah dinyatakan secara tersurat berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang menginginkan dicarikan jawabannya. Dalam hal ini hendaknya rumusan masalah disusun secara singkat, padat, jelas, dan dituangkan didalam wujud kata-kata tanya. Rumusan masalah yang baik bakal menampakkan variabel-variabel yang diteliti dan mampu diuji secara empiris.

3. Tujuan penelitian, Tujuan penelitian diungkapkan terhadap sasaran yang menginginkan dicapai didalam penelitian.Tujuan penelitian mengacu terhadap rumusan penelitian dan berbentuk pernyataan.

4. Hipotesis, Hipotesis diajukan berbentuk jawaban selagi terhadap masalah penelitian supaya pertalian pada masalah yang diteliti dengan barangkali jawabannya lebih jelas.Adapun rumusan hipotesis yang baik hendaknya: dituangkan didalam wujud kata-kata pernyataan, dirumuskan secara singkat, padat, dan jelas, mampu diuji secara empiris, dan menunjukkan pertautan pada dua variabel atau lebih.

5. Asumsi penelitian, Asumsi penelitian adalah analisis basic berkenaan suatu hal yang dijadikan pijakan berpikir dan bertindak didalam laksanakan penelitian. Dalam hal ini tidak perlu dibuktikan kebenarannya, namun mampu segera menggunakan hasil penelitian yang diperolehnya dari orang lain melalui karya tulisnya.

Lihat Juga : Contoh Proposal Kegiatan

6. kegunaan penelitian, kegunaan penelitian ditunjukkan untuk berkenaan pentingnya penelitian khususnya bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan didalam arti luas. Dengan kata lain, anggota ini memuat alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.

7. Ruang lingkup, dan Keterbatasan Penelitian Ruang lingkup dan keterbatasan penelitian dikemukakan sebab kerap dihadapi keterbatasan area lingkup kajian yang terpaksa perlu dilaksanakan sebab alasan-alasan prosedural, teknik penelitian, ataupun sebab alasan logistik. keterbatasan penelitian sebab rintangan yang bersumber dari adat, tradisi, etika, dan kepercayaan yang tidal amat mungkin peneliti melacak data yang diinginkan.

8. Kajian pustaka, dan Kajian pustaka memaparkan teori-teori yang disusun berdasarkan kemutakhiran dan relevansi yang dibutuhkan didalam penelitian.

9. Definisi operasional. Definisi operasional adalah definisi yang dirumuskan berdasarkan hal yang yang mampu dicermati oleh peneliti. Definisi operasional bukan definisi berdasarkan kamus atau pendapat para ahli. Hal ini dibutuhkan khususnya untuk istilah-istilah yang terkait dengan konsep-konsep pokok didalam penelitian termasuk untuk menghindari perbedaan persepsi.

Demikianlah penjelasan saya berkenaan artikel “Pengertian/Definisi, Jenis-jenis/macam-macam, unsur-unsur, faedah atau obyek proposal”. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan sharenya ya button dibawah ini ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *