Kiat Sukses Dalam Memulai Berwirausaha

Posted on

Kiat Sukses Dalam Memulai Berwirausaha – Anda orang yang menyukai tantangan? Anda orang yang memiliki leadership yang baik? Anda orang yang menyukai bekerja dalam tim? Anda orang yang tidak takut mengambil risiko? Yuk, menjadi wirausaha yang sukses!

Mengapa berwirausaha?

Indonesia, merupakan negara yang kaya sumber daya. Sumber daya ini termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam ini bisa menjadi bahan baku untuk berbagai macam produksi. Sedangkan untuk sumber daya manusia, akan menjadi pengolah dan pengatur sumber daya alam agar bisa digunakan dengan efektif dan efisien.

Kiat Sukses Dalam Memulai Berwirausaha

Melihat dari kekayaan itu, saat ini sudah banyak muncul jenis-jenis industri di berbagai lini. Namun, mindset sumber daya manusia di Indonesia masih belum berkembang untuk mencoba peruntungan baru di dunia industri. Padahal, dengan mencoba membuka peluang baru, akan ada banyak keuntungan yang diperoleh. Belajar networking, membuka lapangan kerja baru, dan kemungkinan bertambahnya profit jadi contohnya.

Untuk Pemula, Bagaimana Caranya Memulai Suatu Usaha? Yuk, simak bagaimana tips untuk memulai usaha bagi pemula ini!

  1. Bentuk Mindset Berbisnis

Untuk memulai bisnis, mulailah dari diri sendiri. Menjadi seorang pengusaha selalu diawali niat yang kuat dari dirinya sendiri. Namun, bentuklah mindset yang membuat kita ingin terus berusaha. Jangan berpikiran bahwa sebuah usaha akan langsung memberikan keuntungan yang instan dalam waktu yang cepat.

  1. Tentukan Skala Usaha

Sebuah usaha atau bisnis pasti memiliki perbedaan dalam skala usaha. Skala usaha ini yang ikut menentukan perencanaan bagi bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Skala usaha juga yang nantinya akan ikut andil dalam menentukan seberapa banyak modal yang diperlukan. Selain itu, skala usaha akan memudahkan untuk menentukan apakah perlu diadakan ekspansi usaha atau tidak.

  1. Siapkan Modal

Dalam membuat sebuah usaha, modal menjadi hal yang sangat penting. Modal yang dibutuhkan mencakup modal uang, barang, dan sumber daya manusia. Modal paling mudah untuk dikumpulkan pertama kali adalah modal uang. Hal ini karena uang menjadi modal paling likuid, dan dapat digunakan sewaktu-waktu ketika keadaan sangat mendesak.

Untuk modal barang misalnya, genset listrik. Contohnya ketika skala usaha yang kita miliki cukup besar, bisa menggunakan genset berukuran 50 kVA. Maka kita bisa mencari tempat jual genset yanmar 50 kVA. Atau, jika usaha berdomisili di wilayah Surabaya, bisa mencari tempat yang jual genset Surabaya untuk kapasitas 50 kva dan kapasitas lainya

  1. Buat Konsep Bisnis yang Menarik

Saat ini, sudah cukup banyak orang yang memulai bisnisnya sendiri. Persaingan yang timbul pun juga ikut semakin ketat sehingga segmen pasar juga semakin spesifik, sehingga pasar menjadi jenuh. Hal inilah yang menjadikan beberapa pemilik usaha melakukan diferensiasi, bahkan menentukan konsep bisnis yang berbeda bahkan unik dari yang lainnya.

  1. Buat Tim

Untuk memulai usaha, tidak jarang seseorang membutuhkan bantuan orang lain untuk mengelolanya. Supaya terasa lebih mudah, bentuklah sebuah tim. Tim ini akan memudahkan dalam perencanaan hingga pelaksanaan ketika usaha tersebut sudah dirintis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *