beberapa Tips Melakukan Presentasi yang Baik dan Efektif

 

 

Persiapan yang baik = 50% kesuksesan

“Persiapan yang baik sudah menolong  setengah dari kesuksesanmu.”

 

Pernah dengar ungkapan tersebut? Ya, dengan adanya persiapan, pastinya  kamu dapat  memberikan HR presentasi yang baik. Persiapan meliputi pelajaran  berbicara, menciptakan  pembicaraanmu terstruktur, hingga  memikirkan mengenai  audiens yang anda  miliki.

 

Penting untuk memahami  siapa audiensmu, dan bagaimana ciri khas  mereka. Misalnya saja, pembawaan dan paparan  presentasi guna  anak SD pastinya  jauh bertolak belakang  dengan presentasi yang ditujukan pada ibu-ibu umur  paruh baya. Dengan memahami  audiens yang akan anda  hadapi, anda  pun dapat  mempersiapkan presentasi yang baik. Di samping  mengenai teknik  kita mengucapkan  pesan, ini juga berkata  tentang pakaian laksana  apa yang cocok  untuk anda  kenakan. Hal-hal tersebutlah yang dapat  mendukung presentasi yang baik dan efektif.

 

Berikan pendahuluan  yang “wah”

Awal yang buruk pastinya  akan menciptakan  audiens tidak tertarik memperhatikan  lanjutan dari presentasimu. Karena itu, presentasi yang baik dimulai  dengan pendahuluan  yang baik pula. Misalnya, tarik perhatian dari audiens dengan menyampaikan  salam sapa yang semangat, dan meminta mereka menjawab  dengan motivasi  pula. Hidari langsung mulai menyatakan  begitu panjang, sebelum anda  mendapatkan perhatian dari audiens.

 

Perhatikan komunikasi nonverbalmu

Saat anda  melakukan presentasi, “panggung” di depan ialah  milikmu seluruhnya. Karena itu, presentasi yang baik juga dapat  dinilai saat anda  mengusai panggung. Kamu boleh, dan justru disarankan  untuk tidak diam saja dan terpaku di tempatmu berdiri. Berdiri butuh  tegap, namun  santai dan rileks saja, serta tidak boleh  lupa mengerjakan  eye contact dengan audiens. Jika anda  masih fobia  menatap langsung ke mata, kamu dapat  menatap kening mereka, di unsur  pertemuan alis mereka. Dengan begitu, kamu dapat  mengurangi rasa takut, dan audiens juga  merasa anda  menatap tepat ke mata mereka.

 

Perhatikan desain slide materi

Yang tak kalah penting, tapi tidak jarang  dilupakan dalam presentasi yang baik ialah  desain dari slide yang anda  tampilkan. Slide yang baik pastinya  akan menyokong  presentasi yang baik, dan dapat  membuat audience lebih menyimak  dan memahami  apa yang coba anda  sampaikan. Jika tampilan slide-mu menarik, sedikit kekeliruan  pada penampilan dan caramu presentasi dapat  jadi luput dari perhatian. Ingat, anda  menggunakan ialah  software laksana  Microsoft PowerPoints, yang berarti pun  the power of points, jadi bikin  saja poin-poin singkat, tidak boleh  penuh dengan tulisan laksana  buku. Sisanya, kamu dapat  jelaskan dan jabarkan pada ketika  presentasi.

 

Senangi presentasimu

Dalam presentasi, ingat bahwa yang anda  lakukan ialah  menyampaikan pesan dan berkomunikasi. Bukannya melulu  membacakan, atau berjuang  mengingat apa yang anda  akan sampaikan. Ingat pun  untuk menciptakan  materi yang anda  bawakan tersebut  menyenangkan ya. Jika anda  secara tidak langsung mengucapkan  bahwa materimu tidak unik  atau membosankan, pasti  audiens bakal  merasa demikian. Senangi materimu, dan audiens bakal  merasa yang sama, sehingga anda  pun dapat  menyampaikan presentasi yang baik.

 

Mencari pelatih guna  presentasi yang baik

Jika semua teknik  sudah dilakukan, dan anda  masih percaya tidak cukup  percaya diri, boleh kok menggali  seseorang yang dapat  melatihmu secara khusus. Atau, teknik  paling mudah dapat  melalui video di YouTube, tentang  presentasi yang baik, dan melihat misal  orang-orang hebat yang sukses mengerjakan  presentasi. Misalnya saja dari almarhum Steve Jobs, metodenya  membawakan presentasi produk Apple boleh anda  “contek” dan modifikasi serta terapkan, supaya  membuatmu dapat  melakukan presentasi yang baik.

 

Evaluasi dan terus berlatih

angan tak sempat  lakukan penilaian  untuk masing-masing  presentasi yang telah anda  bawakan. Bisa mohon  masukan untuk  audience, atau orang terdekatmu yang ikut menyimak. Dengan begitu, masing-masing  presentasi anda  akan jadi lebih baik, dan tahu unsur  mana yang dapat  diperbaiki supaya  bisa mengucapkan  presentasi yang baik. Jangan tak sempat  juga, bahwa kita dapat  karena terbiasa, jadi seringlah berlatih, dan tidak boleh  tolak peluang  untuk mengerjakan  presentasi yang baik ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *